Asus Zenfone Restart Logo Baterai Saat Di Cas

Punya hp Asus Zenfone memang menyenangkan, karena beragam fiturnya cocok untuk generasi kekinian. Sayangnya ketika hp tak bisa di cas, kamu tak bisa lagi berbuat apa-apa. Jangan khawatir, tanpa perlu ke counter hp, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Bagaimana caranya?

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pada hp Asus Zenfone adalah ketika hp tiba-tiba mati saat akan di cas, kemudian ketika charger dicolokkan yang terlihat hanya gambar baterai kosong dan tanda seperti petir sampai logo Asus terlihat dan hp mati lagi. Bisa jadi hal itu disebabkan baterai yang sudah tidak ngangkat lagi walaupun sudah di cas ataupun baterainya sudah kosong sehingga perlu dipancing menggunakan power supply.

Asus Zenfone Restart Logo Baterai Saat Di Cas
gadget2reviews.com

Cara Mengatasi Asus Zenfone Tak Bisa Di Cas

Langkah berikut bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah baterai hp Asus yang tak bisa di cas seperti biasa. Memang butuh ketelitan tapi kalau dilakukan secara benar maka hasilnya hp akan bisa dipakai seperti biasa.

1. Cek Port USB

Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada portal USB yang biasa dipakai untuk memasukkan kabel charger. Siapa tahu ada benda yang mengganggu di dalamnya sehingga saat dicolokkan arus listrik tidak masuk ke hp tersebut. lalu coba lembali lakukan pengecasan.

2. Atasi Kurang Daya

Masalah yang bisa saja terjadi adalah baterai terlalu lama kosong, sehingga butuh waktu sampai daya bisa masuk penuh ke portal cas. Jadi kamu coba terlebih dahulu untuk menunggu beberapa saat, minimal 10 menit atau lebih. Biasanya kalau masalahnya terletak pada kurang daya maka hp akan kembali hidup dan proses cas akan berlangsung seperti biasa.

3. Ganti Batrai Baru

Ini harus dilakukan jika memang kondisi baterai sudah tak bisa dicas lagi. Cara memeriksanya adalah dengan membongkar casing Asus, kemudian ambil baterai tanam yang melekat pada plat bagian belakang hp. Gunakan power supply untuk memeriksa konektivitas baterai, apakah arus bisa masuk atau tidak.

Jika tidak ada arus yang terdeteksi saat memeriksa short pada hp, maka bisa dipastikan bahwa baterainya sudah tak berfungsi sehingga dibutuhkan baterai baru. Langkah selanjutnya dalah membeli baterai yang sesuai dengan jenis hp Asus Zenfone kamu. Kemudian, kamu bisa menempelkannya pada plat sesuai posisi baterai lamanya, dan lakukan pengecasan kembali.

Untuk hasil maksimal sebaiknya kamu membeli baterai original, karena ketahanannya sudah teruji. Tak masalah harganya lebih mahal yang penting penggunaannya lebih lama ketimbang kamu membeli baterai abal-abal.

Sekian saja informasi seputar langkah yang bisa kamu lakukan saat mengalami masalah hp Asus yang tidak bisa di cas. Supaya masalah ini tak terulang kembali, kamu harus memastikan hp dalam keadaan mati saat di cas, dan jangan menunggu sampa baterainya sudah sangat kosong baru di cas, untuk menghindari baterai cepat bocor atau rusak.

Tinggalkan komentar