Solusi Gagal Masuk Droidboot / Recovery Mode Untuk Semua Jenis Asus Zenfone

Solusi gagal masuk Droidboot / Recovery Mode untuk semua jenis Asus Zenfone – Masalah bootloop memang sering dialami pengguna ponsel Asus Zenfone atau jenis ponsel lainnya, dimana saat menghidupkan ponsel tak berhasil masuk sistem. Tandanya adalah dengan tampilan logo android saja kemudian ponsel kembali mati. Salah satu solusi adalah dengan recovery, droidboot, atau fastboot. Sayangnya terkadang hal itu juga gagal dilakukan. Nah berikut ini informasi bagaimana bisa berhasil menjalankan sistem recovery tanpa masalah.

Solusi Gagal Masuk Droidboot / Recovery Mode Untuk Semua Jenis Asus Zenfone
youtube.com

Tutorial Dasar Droidboot Untuk Asus Zenfone

Tutorial ini biasanya akan berhasil dilakukan untuk semua Zenfone yang menggunakan OS jenis jellybean hingga lollipop. Untuk melakukannya ada empat langkah penting yang harus dilakukan,pastikan terlebih dahulu ponsel dalam kondisi mati dan memiliki baterai yang cukup, minila 50 persen.

  1. Untuk memastikan ponsel Zenfone kamu mati, coba kembali tekan tombol shutdown, atau sembarang tombol. Jika tidak ada tanda-tanda ponsel menyala, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan.
  2. Pencet tombol volume up dan power secara bersamaan. Jika terasa getaran pada ponsel, langsung pencet tombol volume down maksimal tujuh detik. Artinya selama tujuh detik tersebut kamu menekan tiga tombol sekaligus.
  3. Selanjutnya kamu bisa melepas ketiga tombol tersebut dan dalam maksimal 10 detik akan terlihat gambar robot biru android dalam kondisi terkapar dengan bagian perut terbuka dilengkapi tanda seru berwarna merah. Lalu muncul tulisan “tidak ada perintah” atau jika kamu menggunakan bahasa Inggris “no command”.
  4. Terakhir, untuk ponsel dengan OS lollipop tekan tombol power dan volume up satu kali. Sedangkan untuk OS kitkat pencet tombol volume down dan volume up sebanyak satu kali dan tunggu hingga muncul tulisan recovery mode. Maka sistem sudah berhasil melakukan droidboot otomatis. Kamu tinggal menunggu prosesnya selesai dan ponsel bisa dipakai kembali.

Tutorial Droidboot Untuk Zenfone Generasi 1 Sampai 4

Untuk Zenfone generasi pertama biasanya bisa berhasil dengan menggunakan tutorial di atas. namun jika tidak berhasil, bisa pakai cara khusus menggunakan perangkat khusus flash tool khusus pengguna Zenfone. Sedangkan generasi kedua dan ketiga yang pakai firmware atau OS jenis lollipop hingga marshmallow, bisa menggunakan tutorial berikut ini.

  • Fastboot

Dimulai dengan mematikan ponsel Zenfone dengan menekan volume up dan power, jika sudah terasa getaran pada ponsel, lepaskan tombol power dengan tombol volume up tetap ditekan. Jika sukses maka kamu telah masuk pada mode fastboot. Selanjutnya kamu bisa menggunakan ADB tools untuk melakukan flashing image, diantaranya file firmware.raw, boot.img.

  • Recovery Mode

Caranya dengan mematikan ponsel lalu menekan tombol volume down dan power hingga bergetar. Lalu tetap tahan tombol volume down dan proses recovery akan dimulai. Tinggal menunggu hingga prosesnya selesai sehingga ponsel bisa digunakan kembali seperti biasa. kamu gagal melakukannya? Pakai flashing tools yang tersedia di Zenfone Intel.

  • Flashing Tools

Bahan yang digunakan untuk melakukan langkah ini adalah file XFSTK, driver untuk USB Intel ISoc dan Intel Android, firmware dengan format raw, flash image dari google drive ZE551ML dan ZE550ML dan terakhir flash tools untuk asus yang bisa diambil dari media fire.

Langkahnya dengan menginstal terlebih dahulu ISoc, XFTS, driver Intel Android dan XFTSK. Kemudian kamu bisa memilih tab kedua MRD A0/B0 kemudian tekan perbaiki pengaturan, enable GP Flag value diganti menjadi 0x80000807. Selanjutnya kamu bisa memasukkan berkas firmware yaitu OS image, IFWI, dan FW DnX.

Berikutnya kamu bisa menyalakan ponsel dan koneksikan pada komputer atau laptopmu dan tekan tombul unduh. Butuh beberapa kali mengunduh hingga proses selesai dengan tanda keluarnya bendera berwarna kuning, putih dan hijau.

Selanjutnya adalah lakukan penginstalan flash tool ASUS dan buka aplikasi tersebut. pilih jenis Zenfonemu, kemudian input versi raw dari firmware, biarkan komputer mendeteksi jenis Zenfone tersebut dan pilih tombol start dan tunggu maksimal 15 menit. Biarkan flashing bekerja dengan tanda lampu berwarna kuning.

Langkah terakhir adalah melepaskan kabel USB, dan keluar dari flash tool ASUS, dan hubungkan kembali kabel USB antara hp dan komputer yang masih dalam kondisi fastboot. Buka lagi flash tool dan komputer akan kembali mendeteksi jenis ponsel tersebut hingga flashing dilakukan lagi. Setelah selesai, ponsel akan reboot hingga kembali sempurna dan bisa dipakai.

Update Firmware Untuk Muluskan Droidboot

Terkadang masalah firmware  jadi kendala saat ingin melakukan droidboot. Jangan khawatir karena semua bisa diatasi dengan langkah mudah berikut ini, agar proses memulihkan ponsel ASUS Zenfone benar-benar bisa dilakukan dengan sempurna dan hasilnya ponsel kembali bisa digunakan.

  1. Unggah aplikasi ADB, serta dua driver yaitu ASUS USB dan Intel USB. Jangan lupa aplikasi Zenfone full firmware yang pastinya sangat penting dalam menjalankan proses update firmware.
  2. Lakukan install  semua aplikasi pada komputer. Lalu aktifkan USB debugging untuk mendeteksi keberadaan driver Intel USB. Kemudian ekstrak semua data ADB tools dan firmware. Kemudian buat folder baru yang diberi nama ADB serta pindahkan data ekstrak ke folder tersebut. pastikan tidak ada data user.zip ganda dalan folder tersebut yang dipindahkan dari ekstrak data.
  3. Kemudian matikan ponsel dan masuk pada kondisi droidboot dengan cara menekan tombol power dan volume up dalam waktu yang sama, dan kamu sudah masuk dalam recovery mode.
  4. Jangan gagal fokus ya, karena selanjutnya kamu harus menghubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel USB, tapi sebelumnya pastikan proses denugging sedang aktif.
  5. Ambil menu apply update from adb dan tekan power. Lalu pilih command menggunakan tombol volume up, proses akan berhasil jika ada notifikasi bahwa ponsel sudah terhubung pada komputer.
  6. Kemudian kamu buka folder ADB yang sudah kamu buat tadi, dua klik untuk membuka open.cmd. lalu ketik servis ADB dan tekan tombol ok atau enter. Jika berkasil maka akan ada notifikasi pada ponsel yang menyatakan proses berhasil dengan sukses.
  7. Setelah sukses, kerjaan belum selesai karena kamu harus mengetik adb spasi sideload spasi nama data firmware-user.zip. Pastikan dalam menulis file jangan ada kesalahan sedikitpun karena akan berdampak pada proses update firmware.
  8. Setelah selesai akan terlihat proses unggah data dari komputer ke ponselmu, jangan lakukan aktivitas apapun pada ponsel hingga proses pemindahan selesai. Barulah setelah itu kamu kembali ke menu recovery lalu klik tombol reboot system now dan ponselpun akan kembali seperti semula dan dapan digunakan.

Melakukan proses droidboot memang butuh kesabaran dan ketelitian, jangan lupa pastikan tutorial yang kamu pilih sesuai dengan jenis ponsel ASUS Zenfone agar proses bisa berjalan lancar. Jangan lupa semua aplikasi yang diunduh sudah benar dan bisa menunjang semua langkah droidboot agar ponsel benar-benar kembali berfungsi dengan baik.

Tinggalkan komentar