Samsung GT-E1272 Dual Sim Layar Gelap Setelah Buka Flip

Hp Samsung GT-E1272 memang masih jadi idola pengguna ponsel. Tapi sayangnya kalau tidak digunakan dengan baik, ada beberapa masalah yang bisa terjadi dan membuat hp rusak, sayang banget kan? Apa saja jenis kerusakan yang sering terjadi pada hp tersebut dan bagaimana solusi memperbaikinya?

Pecahkan 6 Masalah Samsung GT-E1272 Dengan Cara Ini

Enam masalah yang sering dialami pengguna hp Samsung GT-E1272 adalah short full yang mati total, IC sensor yang rusak, melakukan factory reset, hard reset, dan memakai kembali bahasa Indonesia sebagai bahasa sistem hp tersebut, dan mengatasi hang pada hp tersebut.

  1. Short Full Mati Total

Ketika hp mati total tentu tak bisa digunakan. Biasanya ini terjadi karena beberapa hal seperti kapasitor yang sudah melebihi kapasitas pakai, ada juga yang dikarenakan elemen pendukung yang mengalami kerusakan. Pengecekan jenis kerusakan bisa menggunakan pengecekan multi sehingga bisa dilihat di bagian manakah masalah terjadi.

Untuk memperbaikinya, bisa dilakukan dengan menghubungkan hp ke power supply dengan langsung diarahkan pada bagian yang mengalami masalah atau short. Kondisi yang terjadi adalah elemen yang rusak akan terlihat hangus atau berasap. Setelah itu kamu bisa membuang bagian yang rusak tersebut, dan pasangkan kembali semua mesin hingga casing hp.

Langkah terakhir adalah melakukan tes terhadap kemampuan hp usai diperbaiki. Baik itu baterai, sistem charger, sinyal setelah pemasangan kartu, fungsi layar hingga keypad. Jika semua sudah kembali normal maka tandanya proses perbaikan berjalan dengan lancar.

  1. IC Sensor Rusak

IC sensor adalah sensor yang terdapat pada hp Samsung GT-1272 yang berfungsi mematikan atau menghidupkan lampu layar ketika hp dibuka atau ditutup. Letaknya ada pada hp bagian bawah. Ketika IC sensor rusak, maka lampu pada hp tipe lipat atau flip ini tidak akan menyala ketika bagian atas hp dibuka.

Solusinya dengan membuka mesin hp hingga terlihat letak sensor tersebut. Kalau kamu punya sensor baru yang bisa dibeli di toko alat dan aksesoris hp, kamu tinggal mengganti sensor menggunakan blower atau bisa dengan solder. Namun jika kamu tidak memiliki penggantinya maka akan lebih baik dibuang saja agar tidak menyebabkan kerusakan elemen lain disekitarnya.

Apakah akan jadi masalah jika IC sensor yang rusak itu dibuang? Masalahnya adalah lampu hp tidak akan pernah mati walaupun hp sudah dilipat kembali. Kondisi ini akan berimbas pada ketahanan baterai. Tapi bisa diakali dengan menekan sembarang keypad usai menggunakan hp agar lampunya mati. Dan tekan lagi sembarang keypad ketika akan menggunakan hp.

  1. Factory Reset

Ada dua jenis reset yang bisa dilakukan pada hp Samsung GT-E1272. Pertama adalah reset pengaturan dan kedua reset ulang. Kamu bisa melakukan salah satunya tergantung kebutuhanmu. Biasanya reset pengaturan hanya untuk mengemalikan pengaturan pada kondisi awal hp saat dibeli. Sedangkan reset ulang mengatur keseluruhan fungsi hp.

Reset pengaturan dilakukan dengan buka menu pada hp, lalu pilih ikon pengaturan, lalu pilih sub ikon reset. Lalu akan ada beberapa pilihan reset, kamu tinggal pilih reset pengaturan dan sistem akan melakukannya untukmu dalam beberapa menit.

Reset ulang hampir sama caranya dengan reset pengaturan, namun pada sub ikon reset kamu tinggal memilih reset ulang. Kemudian akan keluar warning dengan tulisan “semua data serta pengaturan akan di delete”  maka kamu tinggal pilih opsion Ya, dan tunggu sistem bekerja. Setelah selesai, sistem akan merestart ulang hp untuk bisa kamu gunakan kembali.

  1. Hard Reset

Ini merupakan cara untuk melakukan pengaturan ulang pada hp dengan cara lebih mudah. Kamu cukup ketik *2767*3855#, kemudian sistem pada hp akan secara otomatis melakukan pengaturan berat tersebut. setelah selesai, hp akan mati sendiri untuk restart, kamu cukup menunggu sampai hp tersebut hidup kembali dan bisa digunakan seperti biasa.

  1. Penggunaan Bahasa Indonesia

Tak semua pengguna hp Samsung bisa dipandu dengan bahasa Inggris. Beruntung pada menu bahasa terdapat pilihan Indonesia. Kamu bisa menggantinya dengan memilih menu, lalu lanjut ke ikon setting, dan klik pada submenu phone. Di dalam phone akan terdapat menu language kamu tinggal pilih bahasa Indonesia dan sistem akan dilanjutkan pakai bahasa Indonesia.

  1. Flashing

Merupakan cara yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi hp yang sempat hang  akibat banyak hal. Caranya dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi flashtool research download, driver spreadtrum, dan firmware Samsung GT-E1272, lalu ekstrak semua file dari semua aplikasi tersebut ke komputer.

Untuk memulai perbaikan pastikan baterai hp full. Selanjutnya kamu unduh file firmware dengan memencet gear pertama, lalu pilih Setting bautrate 460800 dan tekan play. Untuk optimalisasi proses flash kamumatikan hp dan lepas baterai beberapa saat, lalu hubungkan ke komputer menggunakan kabel data, sambil tekan tombol ok hingga terdeteksi flashing.

Proses flashing akan membutuhkan waktu beberapa menit hingga jam, setelah itu kamu bisa mencabut kabel data dan biarkan hp restart untuk melihat apakah proses flashing berhasil. Tanda keberhasilan proses ini adalah hp bisa hidup dengan normal dan kamu bisa menggunakannya lagi seperti biasa.

Sangat banyak masalah yang bisa saja terjadi saat menggunakan hp Samsung GT-E1272. Kamu tinggal pastikan apa masalahnya dan lakukan langkah yang tepat agar hp kembali berfungsi. Selama dilakukan dengan benar maka apapun masalah pada hp tersebut bisa diatasi dan kamupun dapat menggunakannya kembali untuk berkomunikasi