Room Samsung Experience J7 Prime Ver.1 dan Ver.2 Untuk Andromax A (A16C3H)

Mengotak atik ROM Andromax A (A16C3H) memang sangat menyenangkan, karena bisa diganti dengan ROM dari jenis ponsel lain, salah satunya Samsung Experience J7 Prime. Baik itu versi 1.0 atau 2.0, yang hasilnya akan membuat sistem berjalan dengan lebih lembut tanpa masalah, ditambah pula tak perlu tambahan perangkat lain lho! Lantas bagaimana mengganti ROM tersebut?

Langkah Ganti Rom Andromax A Dengan Rom Samsung

Persiapan yang dilakukan untuk memulai proses mengganti ROM Andromax A dengan milik Samsung Experience J7 Prime versi 1.0 dan 2.0 adalah ponsel memiliki baterai full 100 persen, atau minimal pada 60 % kapasitasnya. Kemudian pastikan ponsel sudah dipasangi TWRP dan sudah dilakukan root untuk memaksimalkan fungsi TWRP tersebut. Setelah itu baru bisa dilakukan langkah berikut.

Bahan Yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus kamu kerjakan adalah mengunduh semua file dan program yang dibutuhkan untuk menunjang pemindahan ROM. kamu bisa pilih mau makau ROM Samsung Experience J7 versi 1.0 atau 2.0.

  • Unduh ROM Samsung Experience J7 Prime versi 1.0 atau 2.0 dalam bentuk file zip. Pastikan semua file bisa dibuka sempurna saat proses berlangsung, caranya tentu dengan mencoba klik pada file dan tekan open menggunakan ZArchiverPro.apk dengan password: androidromdeveloper.
  • Kamu juga harus mengunduh new_update, fix_update, fix_suara, dan GAPPS yang merupakan file pelengkap proses pemindahan ROM Samsung ke Andromax A. untuk mendapatkan file tersebut kamu bisa unduh dari internet, namun harus benar-benar berupa file  utuh agar nantinya bisa dibuka dan dijalankan.

Langkah Pasang ROM

  1. Pertama adalah memastikan kamu sudah mengunduh semua file bahan ke dalam SDcard dari ponsel Andromax A. kemudian pindahkan SDcard keluar folder atau folder tersendiri, ini dilakukan untuk memudahkan sistem mengenami SDcard yang berisi file untuk penggantian ROM.
  2. Nonaktifkan ponsel Andromax A hingga benar-benar mati total. Hal ini bisa dilihat dari lampu yang tidak menyala dan semua tombol tidak lagi aktif. Hal ini sangat penting untuk menunjang proses pemasangan ROM yang benar-benar sempurna.
  3. Selanjutnya tekan tombol power dan volume up pada waktu yang sama hingga ponsel menyala dan memunculkan logo Andromax LTE.
  4. Lakukan terlebih dahulu back up full untuk menyimpan data penting di dalam hp agar tidak terhapus saat proses pemasangan ROM.
  5. Kemudian kamu bisa masuk pada menu TWRP recovery. Lalu kamu bisa memilih menu wipe data, wipe cache, dalvik dan geser menggunakan tombol volume up atau down hingga sampai pada menu swipe ti factory reset.
  6. Sekarang saatnya masuh dalam menu TWRP recovery kemudian kamu bisa memilih menu install dan memilih zip file ROM Samsung Experience J7 Prime. Kamu bisa memilih versi 1.0 atau 2.0 tergantung pilihanmu yang sudah diunduh dan disimpan dalam SDcard sebelumnya. Ingat, versi 1.0 atau 2.0 sama-sama bagus tinggal kamu memilih sesuai dengan kebutuhanmu.
  7. Kemudian kamu bisa mengarahkan cursor pada layar arah kanan dan tekan swipe to install agar proses pemasangan bisa dimulai.
  8. Proses flasing untuk memasang ROM Samsung Experience J7 membutuhkan waktu selama beberapa menit. Kamu bisa menunggu sampai proses selesai dengan adanya tanda atau informasi berupa kalimat installation complete.
  9. Jika proses pemasangan selesai, kamu bisa kembali ke menu home untuk melanjutkan proses yaitu install zip untuk file New Update, Fix Update, Fix Suara, GAPPS. Kamu harus pastikan semua file  siap digunakan. Kemudian pilih swipe to install agar semua file tersebut terinstal sempurna pada Andromax A milikmu.
  10. Pada proses ini kamu tidak perlu memilih wipe data, karena sudah dilakukan pada instalasi ROM sebelumnya.
  11. Saatnya menunggu proses flashing selesai tanpa mengutak atik ponsel, karena hal itu hanya akan mengganggu proses pemasangan perangkat tambahan pada sistem ROM barumu nanti.
  12. Selesainya proses flashing ditandai dengan adanya informasi tentang installation complete. Lalu lakukan reboot system untuk memastikan pemasangan ROM sudah benar-benar berhasil 100 persen. Untuk prosesnya biasa memakan waktu hingga 25 menit. Jadi pastikan kembali kamu tidak menggunakan ponsel terlebih dahulu sebelum proses selesai.
  13. Tanda proses selesai adalah kamu bisa masuk menu homescreen saat ponsel dinyalakan dengan cara normal. Kamu juga sudah bisa menggunakan semua menu secara baik tanpa kendala apapun. Jika ada yang bermasalah, tentu kamu harus mengulang proses installation kembali.

Pengaturan Wizard Usai Pemasangan ROM

Pengaturan wizard sangat penting untuk memuluskan jalannya sistem pada ponsel, termasuk Andromax A kamu yang saat ini sudah memiliki ROM baru dari Samsung Experience J7. Baik itu dari segi pengaturan suara, vibrasi sampai pengaturan standar lainnya. Berikut ini langkah wizard yang benar.

  1. Kamu bisa memilih menu pengaturan dan pilih advance feature lalu setelah masuk ke dalam menu tersebut akan ada beberapa pilihan, tinggal kamu pilih baterai text.
  2. Kemudian kamu bisa mengatur suara dengan memilih menu pengaturan suara, lalu aktifkan dan jadikan 12, kemudian nonaktifkan kembali. Jangan lupa untuk mengaktifkan DSB sesuai dengan kebutuhan kamu, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  3. Sekarang saatnya masuk pada pengaturan dan memilih sound and vibration. Kemudia ambil menu suara lainnya. jangan lupa untuk mengaktifkan suara saat pengisian daya, dan getaran. Kemudian kamu bisa memilih suara untuk pemberitahuan.
  4. Jika sudah selesai melakukan pengaturan, kamu bisa melakukan reboot lagi lada ponselmu hingga bisa benar-benar berfungsi maksimal.

Hal Yang Perlu Diingat Sebelum Pemasangan ROM

Beberapa hal perlu kamu ingat dan pahami sebelum memutuskan untuk mengganti ROM Andromax A milikmu dengan ROM Samsung Experience J7. Pertama yaitu ketika kamu memodifikadi ROM dan device dari ponsel, maka otomatis garansi tidak akan berlalu lagi untuk kondisi apapun, baik itu kerusakan sistem, bootlop dan kerusakan lain.

Kedua adalah sebelum melakukan pemasangan ROM kamu harus memastikan sudah melakukan backup sistem operasi ponselmu begitu juga dengan data penting. Karena masalah bisa saja terjadi selama proses pemasangan. Memang pada umumnya masalah tidak akan terjadi selama proses berlangsung secara tepat.

Dan yang ketiga adalah memastikan bahwa kamu mengikuti semua langkah pemasangan ROM secara benar, jangan sampai kurang satu langkahpun. Karena dampaknya sangat besar pada keberhasilan proses pemasangan ROM nantinya. Selama langkah diikuti dengan benar, maka kamu punya kesempatan besar punya ROM yang lebih mantab pada Andromax A kesayanganmu.

Memasang ROM Samsung Experience J7 versi 1.0 atau 2.0 memang akan menambah performa Andromax A. apalagi bagi pencinta game online akan merasa sangat puas dengan kelembutan dan kenyamanan ROM tersebut. yang perlu diingat adalah apapun ROM yang terpasang, kamu tetap harus menjaga kondisi ponsel agar tetap baik, agar bisa lebih awet dan tahan lama.