Cara Flash Vivo Y28

Bootloop atau kegagalan handphone untuk masuk ke sebuah sistem sering dialami oleh beberapa smartphone android. Efek ini ditimbulkan saat handphone saat dinyalakan hanya sampai mnunculnya logo saja dan tida merespons walau sudah dipencet tombol apapun. Salah satu handphone yang juga bisa terkena bootloop adalah Vivo Y28. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara flash Vivo Y28 bootloop / mati total dalam dua cara, yaitu dengan PC via flash tool dan tanpa PC.

Cara Flash Vivo Y28

Flash bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop pada smartphone. Pastikan dalm hal ini, kerusakan yang dialami berasal dari software dan bukan hardware Vivo Y28. Masalah-masalah lain seperti salah password atau unroot juga bisa diselesaikan melalui flashing. Kelebihan flashing akan dijabarkan lebih lanjut di bawah.

Namun demikian sebelum masuk ke metode atau langkah flash lebih lanjut, terlebih dulu anda perlu mengetahui spesifikasi dari Vivo Y28. Vivo sendiri merupakan salah satu merk smartphone asal China yang sedang digandrungi di kalangan tanah air. Harga yang murah dengan spesifikasi mumpuni menjadi dua keunggulan Vivo menyasar pasar menengah ke bawah di Indonesia.

Spesifikasi Vivo Y28

Dengan harga satu jutaan anda sudah bisa mendapatkan smartphone canggih dengan kamera bagus yang bisa digunakan untuk selfie. Vivo Y28 hadir dengan layar seluas 4.7 inchi beresolusi 540 x 960 pixels dan sudah dibekali teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen untuk menciptakan 16 juta warna. Tampilan tersebut membuat Vivo Y28 cukup nyaman untuk menonton video dan bermain games.

Pada sektor dapur pacu, Vivo Y28 menggunakan prosesor Quad-core berkecepatan 1.3 GHz dan chipset berupa Mediatek MT6582. Untuk sistem operasinya, Vivo Y28 menggunakan dukungan Android versi v4.2.2 atau Jelly Bean. Untuk menjalankan semua hal tersebut, ponsel ini dibekali RAM sebesar 1 GB yang dipadu memori internal 8GB.

Beralih ke kamera, pengguna tak usah khawatir dengan kemampuan fotografi ponsel ini karena sudah dibekali dua buah kamera berseolusi tinggi masing-masing 8 MP untuk kamera utama (belakang) dan 5 MP untuk kamera selfie (depan), Fitur-fiturnya oun sangat mendukung untuk menghasilkan foto maksimal seperti autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus hingga face detection.

Cara Flash Vivo Y28 Menggunakan PC

Cara Flash Vivo Y28 yang pertama dalah menggunakan bantuan PC. Di sini kita akan menggunakan bantuan aplikasi bernama Flash Tool untuk melakukan Flash. Anda perlu menyiapkan sebuah PC atau laptop mumpuni dulu

Apa itu Flash Tool? Flash Tool adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk flashing firmware Stock ROM,Custom Recovery, dan menyelesaikan masalah update firmware, bootloop dan yang lainnya. Flash Tool secara lengkap memiliki nama Smart Phone Flash Tool (SP Tool). Seperti untuk flash Vibo Y28 melalui PC, diperlukan Flash Tool.

SP Flash tool dapat dicari melalui Google Search dan diunduh secara Cuma-Cuma oleh semua orang. Ia hadir dengan bentuk portable berukuran 44 MB dan diekstrak dengan ukuran 78 MB. SP Flash Tool tersedia untuk Windows dan Linux, serta mudah digunakan, Untuk windwos, SP Tool sudah support untuk berbagai macam versi Windows seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Manfaat Flash Firmware Stock ROM

  • Flashing Firmware Stock ROM digunakan untuk upgrade ponsel Anda
  • Jika Anda tidak menginginkan update terbaru dari ponsel Anda, cara flash menggunakan Firmware Stock ROM bisa dilakukan untuk mendowngrade (kebalikan dari upgrade) smartphone anda.
  • Bila handphone Anda mengalami bootloop (kegagalan untuk masuk ke sistem menu handphone, biasanya setelah dinyalakan hanphone hanya akan menyala sampai muncul logo merk atau android saja), flash firmware stock ROM bisa menjadi salah satu solusinya.
  • Bila ponsel anda sudah diroot, langkah flash firmware stock ROM bisa dilakukan untuk unroot handphone Anda.
  • Proses Flashing Firmware Stock ROM mengembalikan fungsi default handphone anda sesuai pengaturan pabrik, sehingga berbagai kesalahan, eror atau gangguan yang ada pada sistem dapat secara otomatis diperbaiki.

Langkah-langkah flash Vivo Y28 melalui Flash Tool

Sebelum melakukan flashing vivo y28 melalui flash tool, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

Cara flash Vivo Y28 dengan PC melalui Flash Tool adalah sebagai berikut:

  1. Ekstrak SP flash tool, USB driver dan Stock Firmware Vivo Y28.
  2. Install terlebih dulu USB driver di PC (Anda bisa lewati langkah ini bila USB driver sudah terinstal)
  3. Beralih ke hasil ekstrakan SP Flash tool. Jalankan program flash_tool.exe, klik kanan pilih Run as Administrator.
  4. Setelah terbuka, pilih opsi ‘Scatter file’, klik ‘Scatter Loading’
  5. Tujulah folder Stick Firmware Vivo Y28, cari file bernama Android_Scatter.
  6. Setelah terbuka, klik Download dan prises flashing pun siap dilakukan
  7. Lalu Anda harus beralih ke smartphone, matikan Vovo Y28 Anda dan lepaskan juga betarainya.
  8. Colokkan ke PC atau laptop menggunakan kabel data USB yang sudah disiapkan.
  9. Klik tombol volume atas dan volume bawah pada handphone, sehingga terdeteksi di SP Flash Tools.
  10. Jika proses berjalan lancar maka pada SP flash tool aka nada idnikator yang bergerak dari warna merah, kuning dan akhirnya hijau yang menandakan proses flashing telah selesai.
  11. Proses Flashing selesai, cabut kabel data dan nyalakan kembali Smartphone Vivo Y28 Anda kembali.

Cara Flash Vivo Y28 Tanpa Menggunakan PC

Jika Anda merasa ribet karena menggunakan PC atau bahkan anda tidak memiliki PC aatau laptop, jangan khawatir karena cara flash Vivo Y28 juga bisa tanpa menggunakan PC. Proses flashing yang dilakukan adalah menggunakan smartphone Vivo Y28 itu sendiri. Anda hanya memerlukan satu bahan yakni Firmware Vivo Y28. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download terlebih dahulu Firmware Vivo Y28.
  2. Pindahkan file firmware tersebut ke micro SD.
  3. Pastikan daya baterai dalam Vivo Y28 milik anda cukup, lebih bagus jika 100 persen, tetapi minimal 50 persen.
  4. Matikan smartphone kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol power dan tombol volume atas. Saat ada logo menu, tekan volume bawah, pilih ke mode recovery, lalu tekan tombol power lagi untuk masuk.
  5. Akan muncul Android system recovery lalu pilih file firmware yang sudah dipindahkan ke micro SD tadi.
  6. Setelah memilih, tekan tombol Power lagi maka proses flashing pun telah dimulai. Anda harus menunggu proses tersebut hingga selesai.
  7. Jika sudah selesai, maka akan muncul notifikasi berupa tulisan Update successfully.
  8. Restart Vivo Y28 Anda
  9. Selesai Vivo Y28 Anda telah berhasil diflash.

Demikian cara flash Vivo Y28 baik melalui PC atau tanpa melalui PC. Anda bisa mencobanya sendiri bila smartphone Anda mengalami kerusakan sistem berupa bootloop, hang atau lemot.

Tinggalkan komentar