Cara Flash Oppo A37FW

Flashing  biasanya dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi Oppo A37FW yang terkendala akibat banyak hal. Diantaranya terserang virus yang mengakibatkan hp menjadi hang, atau terindikasi bootloop, atau terjadi masalah pada software dari hp tersebut. Berikut ini cara melakukan flashing yang aman dan pastinya mudah untuk kamu lakukan sendiri dirumah. Penasaran?

Apa Perlengkapan dan Langkah Flashing Oppo A37FW?

Sebelum melakukan proses flashing, hal utama yang harus kamu lakukan adalah menyimpan semua data penting yang ada pada Oppo A37FW milikmu. Kamu bisa menyimpan pada flashdisc atau memorit eksternal atau memindahkannya pada komputer. Kemudian baru persiapkan perlengkapan untuk proses flashing dan lakukan langkahnya dengan tepat.

Perlengkapan Flashing

Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum proses flashing dilakukan adalah memastikan kamu punya kabel data yang akan digunakan untuk menghubungkan hp pada perangkat komputer. Kemudian tentunya komputer atau laptop yang akan menjadi media flashing Oppo A37FW agar bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga harus mengunduh beberapa file berikut ini.

  1. MSM driver Oppo A37FWdan install langsung pada komputermu sebagai aplikasi utama yang akan dijalankan nanti
  2. USB windows driver merupakan aplikasi yang dipakai untuk mendeteksi hp kamu pada komputer. Jika sudah terdeteksi otomatis maka aplikasi ini tidak dibutuhkan lagi.
  3. Firmware tools A37fEX_11_A.22_170522 [VIBRATE-ONLY].zip stock ROM yang bisa kamu dapatkan pada google drive.
  4. Kata kunci atau password yang bisa kamu pakai yaitu veflash.com. password akan digunakan untuk membuka firmware yang kamu unduh sebelumnya. Ini untuk memudahkanmu daripada garus mendaftar terlebih dahulu, yang pastinya akan emmakan waktu lebih lama.

Langkah Flashing

Proses flashing biasanya memakan waktu beberapa menit tergantung koneksi dan kondisi hp A37FW milikmu. Pastikan terlebih dahulu baterai hp tersebut penuh agar proses flashing tidak berhenti di jalan, serta pindahkan terlebih dahulu semua data penting dalam hp milikmu sebelum memulai langkahnya, karena kemungkinan besar semua data akan terhapus setelah proses flashing selesai.

  1. Sebelum mulai, kamu harus memastikan semua aplikasi yang dibutuhkan sudah bisa dijalankan pada komputermu.
  2. Kemudian ekstrak data firmware yang sudah kamu miliki sebelumnya yaitu Oppo A37FW stockroom, pada data tersebut juga sudah ada aplikasi MSM flashtool yang merupakan data paling penting untuk proses flashing.
  3. Langkah selanjutnya adalah mematikan hp, dan pastikan benar-benar tidak berfungsi sama sekali alias mati total.
  4. Pada saat mati tersebut kamu langsung memencet tombol volume atas dan koneksikan hp pada komputer untk mendeteksi system hp tersebut. Jika tidak berhasil maka kamu dapat mencoba ulang dengan memencet dua tombol yaitu volume atas dan volume bawah secara bersamaan. Lakukan hingga hp terdeteksi pada komputer.
  5. Jika sudah terdeteksi maka kamu bisa melepaskan kedua tombol tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.
  6. Kemudian kamu bisa membuka aplikasi MsmDownloadTool.exe yang ada pada menu komputermu. Pilih file dengan nama Msm8974DownloadTool.exe yang memiliki ukuran file 1,9 MB.
  7. Setelah dibuka, maka file akan otomatis masuk pada hp A37FW milikmu. Kemudian lakukan verifikasi dengan menekan tombol verify yang terletak di bagian kanan atas lara monitor komputer. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa verifikasi berhasil.
  8. Langkah berikut adalah memastikan bahwa ada pilihan after-sales upgrade mode. Kamu harus memilih file tersebut dan tekan mulai atau start, agar proses flashing bisa dimulai. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah maksimal 10 menit.
  9. Setelah proses flashing selesai maka akan keluar notifikasi bahwa proses sudah selesai dengan munculnya tulisan hijau pada layar monitor komputer. Dengan otomatis maka data di komputer akan terhapus dan koneksi antara komputer dan hp akan hilang.
  10. Selanjutnya akan masuk pada proses booting pada hp A37FW yang waktunya akan lebih lama ketimbang proses flashing tadi. Kamu tinggal menunggu saja hingga proses selesai untuk melakukan langkah berikutnya. Jangan gunakan hp terlebih dahulu untuk alasan apapun agar proses booting sukses.
  11. Kemudian kamu akan masuk pada menu wizard untuk menentukan pilihan bahasa penyetelan waktu, bahasa, dan penyetelan standar hp pada umumnya. Tinggal kamu pilih sesuai kebutuhan dan kondisi kamu.
  12. Jika proses ke-11 selesai maka otomatis hp sudah bisa berfungsi dengan baik. Tapi tentu saja tidak adalagi aplikasi favoritmu di dalamnya, karena semua sudah terhapus selama proses flashing. Maka kamu bisa melakukan install ulang semua program dan aplikasi tersebut.

Demikianlah cara lengkap dan tepat untuk melakukan flashing pada hp Oppo A37FW yang bermasalah. Pada umumnya semua masalah hp A37FW memang bisa diselesaikan dengan cara ini. Kamu hanya tinggal mendeteksi masalahnya dan melakukan proses flashing sendiri tanpa harus melibatkan profesional. Karena langkah di atas sudah terbukti berhasil dilakukan oleh banyak orang.