Cara Backup File Flash Android MTK Via Box Volcano

Cara backup file flash smartphone Android MT65xx menggunakan box Volcano sebagai medianya sangat mudah dan dibutuhkan apabila kita ingin melakukan proses flashing pada Android MTK. Jadi maksudnya apabila kita ingin memperbaiki kerusakan software pada Android MTK kan ada resiko mati atau error apabila file yang kita download dari internet belum diketahui kualitas file tersebut, padahal ponsel yang kita kerjakan masih nyala tetapi error bootloop atau cuma terkunci saja kan yang punya hp bisa marah besar.

Tetapi kalau sudah ada file backup dari ponsel tersebut maka kita bisa kembalikan ke kondisi awal sebelum dilakukan flashnya. Dan ini berfungsi juga apabila kita ingin menyimpan file flash dari Android yang normal untuk digunakan apabila ada ponsel Android yang sama merk dan tipenya yang ingin diflash maka bisa digunakan file backup tersebut. Dan hasil Backup ini akan menjadi eksistensi BIN file.

Cara Backup File Flash Android MTK Lewat Box Volcano:

  1. Buka Volcano Tool
  2. Sebelah kiri klik tab Android 
  3. Muncul Android Tool
  4. Silahkan pilih tab USB MODE lalu centang Read Flash kemudian klik START 
  5. Setelah diklik START maka silahkan colokkan kabel data usb ke ponsel Android MTK yang sedang anda kerjakan (Driver harus sudah terinstal dan tombol boot digunakan atau tidak tergantung dari model ponsel yang dikerjakan)
  6. Proses read flash berjalan ditandai dengan proses bar di bawah yang berjalan dengan persentase.
  7. Setelah berhasil 100% maka akan muncul jendela untuk menyimpan file hasil backup Anda, silahkan pilih tempat penyimpanan dan beri nama file hasil backup tersebut. 
  8.  Hasil backup berupa BIN file.
  9. Selesai

Untuk melakukan flash kembali menggunakan file ini silahkan baca : Cara flash menggunakan BIN file lewat box Volcano.

See also  Firmware Advan T1S Tanpa Password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *