Panduan Perbaikan Ponsel

Cek Kenapa Android Tidak Ada Sinyal

Bagi Anda yang menggunakan smartphone Android tentunya tidak ingin apabila ponsel anda mengalami gangguan, apalagi gangguan yang berkenaan dengan hilangnya sinyal sehingga anda tidak bisa melakukan sms, panggilan, maupun internetan. Tetapi apabila hal ini terjadi yaitu sinyal hilang pada android anda maka jangan panik dahulu dan langsung melakukan hal-hal yang tidak tepat.

Apabila Android hilang sinyal:

1. Cek dahulu kartu sim anda sudah terpasang atau belum, mungkin anda buru-buru sehingga tidak mengecek lagi kartu di dalam ponsel anda.

2. Saat standby lihat di layar depan Android anda;
  • Kalau tulisan NO SERVICE maka kerusakan bukan pada bagian slot sim, ada kemungkinan lain.
  • Kalau tulisan NO SIM berarti kerusakan di seputar sim, seperti sim tidak terbaca, clot sim rusak, dan sebagainya.
3. Cek nomor IMEI ponsel anda dengan mengetik *#06# kalau yang muncul IMEI INVALID, atau IMEI NULL maka berarti nomor IMEI ponsel Android anda sudah rusak makaa harus diperbaiki. Silahkan browsing cara memperbaiki imei Android sesuai dengan tipe ponsel anda, karena beda merk maka beda cara memperbaiki IMEI.

Karena apabila IMEI rusak maka yang berhubungan dengan kartu sim tidak dapat diakses, seperti nelpon, sinyal hilang, tidak bisa sms, tidka bisa internet dan lain sebagainya.

4. Cek konektor sim anda, standarnya kaki tembaga di slot sim ada 6 buah terkadang ada 8 buah, kalau ada yang ompong berarti kaki konektornya ada yang patah biasanya karena anda menggunakan kartu sim yang sudah terpotong micro, sehingga ketika anda mencabut kartu sim terkadang sambungan potongan menyangkut di kaki slot sim yang apabila dipaksa akan patah. 
Solusinya adalah dengan mengganti slot sim anda ke tempat servis.

5. Cek masa aktif dari kartu sim anda, apabila sudah habis masa isi ulangnya berarti kartunya sudah tidak bisa dipakai dan untuk memperbaikinya silahkan datang ke gerai customer servis operator yang anda gunakan.

6. Cek dengan menggunakan kartu sim lain, jadi anda tukar kartu sim anda dan gunakan kartu sim lain yang masih aktif dan apabila ternyata sinyal keluar setelah menggunakan kartu sim lain berarti kartu anda yang sebelumnya sudah rusak. Solusinya juga datang ke kantor customer servis dan anda akan mendapatkan kartu baru dengan nomor lama, asalkan data kartu sim anda sesuai dengan data di kartu identitas anda seperti KTP, SIM, atau PASPOR.

7. Cek dengan kartu beda operator, jadi misal Anda menggunakan kartu Simpati yang ternyata hilang sinyal dan sudah anda coba menggunakan kartu simpati lainnya tetapi masih tetap tidak ada sinyal, maka silahkan coba menggunakan kartu Mentari misalnya. Kalau ternyata sinyal muncul berarti kemungkinan operator Telkomsel sedang gangguan di daerah anda begitu pula sebaliknya. Silahkan tunggu saja biasanya gangguan operator tidak lama.

9. Lihat di setelan, apakah mode pesawat anda aktifkan atau tidak biasanya kalau aktif maka ada logo pesawat, maka silahkan nonaktifkan maka sinyal anda akan muncul kembali.

8. Kalau semua sudah dicek maka silahkan bawa ke tempat servis langganan anda.

Reactions:
Tags :
Disqus Comments